Selamat datang di Website Kami

WORKSHOP IMPLEMENTASI KURTILAS KB-TK ISLAM AL AZHAR SE JAWA TENGAH

Selasa, 20 Oktober 20150 komentar



Kurikulum 2013 atau disingkat “kurtilas” telah menyedot perhatian dunia pendidikan Indonesia. Semenjak diluncurkan bulan Juni lalu di (kurang lebih) 5 % dari seluruh sekolah di Indonesia. Sekolah Al Azhar merupakan sekolah yang menyongsong dan mengimplementasikan kurikulum baru itu. Untuk menyiapkan perangkat dan pemahaman guru-guru, Alhamdulillah atas izin Allah SWT pada tanggal 10 Oktober kemarin, KB-TK Islam Al Azhar se Jawa Tengah menggelar Workshop Implementasi Kurikulum 2013 yang diselenggarakan di KB-TK Islam Al Azhar 22 Kalibanteng, Semarang yang diikuti oleh 80 guru.
Koordinator kegiatan Ibu Siti Mukarromah, S.Pd menyatakan pentingnya menggelar workshop ini adalah untuk memenuhi tuntutan perubahan mindset dalam kurikulum 2013. “Tujuan utama dalam kegiatan ini yakni penyamaan persepsi tentang kurikulum 2013, Kami berusaha semaksimal mungkin untuk dapat menerapkan kurikulum sesuai dengan aturan yang telah disusun pusat, maka kami menggelar workshop kurikulum ini” Tutur Ibu Siti
Workshop Kurtilas ini dipandu oleh Ibu Muniroh Munawar, Dosen Pendidikan Guru PAUD Universitas PGRI Semarang. Beliau juga merupakan salah satu anggota tim penulis buku Kurikulum 2013 Kemendikbud RI.
Workshop yang dihadiri oleh narasumber yang kompeten dibidangnya dan materi yang relevan sehingga membuat peserta workshop sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.
Selama ini guru memiliki prinsip, apapun kurikulumnya, mengajar tetap ceramah. Pemikiran seperti itu harus dihapus dari pemahaman guru. Kurikulum 2013 ini memiliki ruh untuk pengembangan sikap spiritualitas, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.
“Inti dari kurikulum 2013 adalah perubahan dalam empat hal, pertama munculnya Kompetensi Inti dalam setiap pelajaran yang berisi empat KI, kompetensi sikap spiritual dan sosial, kompetensi pengetahuan dan keterampilan. kedua proses pembelajaran menggunakan saintifik aproach (pendekatan saintifik), ketiga penilaian menggunakan penilaian autentik, dan penilaian menggunakan standar 4,00.”
Dalam mengembangkan materi dan menjabarkan tema, guru PAUD membutuhkan pengetahuan yang luas dan kreativitas yang tinggi. ”Yang rata-rata diungkapkan guru-guru PAUD adalah kesulitan dalam menjabarkan tema dan mengembangkan materi. Dalam Kurikulum 2013 untuk PAUD, telah ditentukan tema-tema. Misalnya mengenai pengenalan diri, tumbuhan, binatang, dan sebagainya. Itu yang harus dijabarkan oleh guru,” Lanjut Ibu Muniroh .
Setelah memperoleh persamaan persepsi dan pemahaman materi melalui Workshop KURTILAS ini, maka kami percaya bahwa Kelompok Bermain dan TK Islam Al Azhar mampu mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan baik.

 Kepala KB-TK Islam Al Azhar se-Jawa Tengah berfoto bersama Narasumber

 Panitia Workshop Implementasi KURTILAS berfoto bersama Narasumber
Share this article :

Posting Komentar

 
Web ini dikembangkan oleh : SangPengajar.Com
Copyright © 2011. TK ISLAM AL AZHAR 22 SEMARANG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger